01Mar, 2021
0Comments
featured-image

Apa itu VPS?

Definisi hosting VPS
Untuk membuat situs web tersedia secara online, file-nya perlu diunggah ke server web, yang biasanya dibeli dari penyedia hosting. Layanan ini dikenal sebagai web hosting.

Hosting VPS adalah jenis hosting yang cocok untuk orang-orang yang memiliki hosting bersama yang sudah besar. Jika beberapa situs berada di satu server web dengan hosting bersama, dan tidak memiliki jaminan sumber daya, VPS memungkinkan lebih sedikit pengguna untuk berbagi segmen ruang hard drive, memori, dan daya prosesor yang dialokasikan.

Setiap pengguna di server VPS memiliki akses ke mesin virtual yang menjalankan salinan sistem operasi (OS) miliknya sendiri. Hal ini memungkinkan pelanggan yang menggunakan hosting VPS untuk mengalami kemampuan dan kinerja yang serupa dengan server khusus untuk situs mereka.

VPS vs Shared Hosting – Apa bedanya?
Bagaimana cara kerja VPS?
Ada berbagai jenis hosting VPS
Apa keuntungan dari VPS hosting?
Apakah Saya Membutuhkan Hosting VPS?
Kesimpulan
Sebagian besar pemilik situs web mulai menggunakan hosting web bersama. Seiring waktu, seiring pertumbuhan situs mereka dan menuntut lebih banyak sumber daya dan fungsi, mereka mungkin memerlukan opsi hosting yang lebih canggih. Virtual private server (VPS) umumnya dianggap sebagai batu loncatan antara shared hosting dan penyiapan hosting khusus di mana situs web Anda berjalan di servernya sendiri.

Mari kita uraikan jenis hosting menggunakan analogi sederhana. Shared hosting seperti tinggal di apartemen; murah dan dapat dilengkapi dengan semua yang Anda perlukan untuk masuk. Pengorbanannya adalah berbagi fasilitas dengan banyak orang lain (berbagi sumber daya dengan akun lain di server yang sama), dan jika Anda mengadakan pesta besar-besaran (memiliki banyak lalu lintas), manajemen gedung akan ingin berbicara dengan Anda.

Dedicated server ibarat memiliki rumah sendiri dengan hektar tanah di sekitarnya. Semua sumber daya di rumah hanya untuk Anda gunakan dan Anda tidak akan diganggu oleh tetangga Anda, bahkan jika Anda mengadakan pesta (mengalami lalu lintas tinggi).

VPS terletak di suatu tempat di tengah. Ini berperilaku seperti server khusus tetapi dengan sumber daya sistem yang dialokasikan. Mari kita samakan VPS dengan townhouse, ini lebih besar dari apartemen (hosting bersama) tetapi Anda membagikan properti dan layanan tertentu. Terlebih lagi, mengadakan pesta (memiliki banyak pengunjung web) itu lebih mudah.

Hosting bukanlah topik yang paling mudah untuk dipahami, tetapi dasar dari apa yang perlu Anda ketahui dapat dipahami dengan cukup cepat. Jika Anda ingin mendapatkan hosting VPS dan memahami alternatifnya tetapi merasa agak putus asa, tetaplah bersama kami. Baik Anda baru saja memulai dengan situs blog, atau situs individual yang mulai melambat pada paket hosting Anda saat ini, hosting VPS mungkin yang paling cocok. Ayo cari tahu …

VPS vs Shared Hosting – Apa bedanya?
Sebelum kita beralih ke VPS, mari kita bahas tentang hosting bersama. Sebagian besar pemilik situs memulai dengan paket hosting bersama. Saat bisnis atau situs web tumbuh, dibutuhkan fungsi ekstra dan lebih banyak sumber daya. Pemilik situs ingin meningkatkan ke paket hosting yang lebih sesuai. VPS adalah hosting logis berikutnya yang harus diperhatikan ketika melakukan transisi dari shared hosting, tetapi apa sebenarnya shared hosting itu?

Kembali ke analogi perumahan kita. Kami menyamakan shared hosting dengan tinggal di kompleks apartemen di mana lokasi dan sumber daya yang sama dibagi di antara penghuninya. Dengan hosting bersama, beberapa penghuni (situs web) berbagi sumber daya dari satu bangunan (server fisik tunggal). Jenis hosting ini sangat terjangkau. Profesional yang terampil mengelola lingkungan hosting bersama, panel kontrol tersedia bagi pelanggan untuk mengelola situs mereka. Masalah utama dengan gaya hosting ini adalah ketersediaan bandwidth dan ruang yang disertakan. Ini lebih dari cukup untuk sebagian besar situs web baru, tetapi pada akhirnya situs web akan membutuhkan sesuatu yang berskala seiring pertumbuhannya. Kelemahan signifikan lainnya dari shared hosting adalah lingkungan ini tidak dapat menangani lonjakan traffic dengan baik.

VPS hosting menjawab masalah skalabilitas dan sumber daya yang terbatas. Gaya hosting ini seperti memiliki kondominium di dalam gedung yang penduduknya lebih sedikit. VPS dibagi menjadi beberapa bilik virtual di dalam server, dan setiap akun akan mendapatkan jumlah sumber yang dialokasikan ini (misalnya sebagian kecil dari CPU server, ruang disk, memori, dan bandwidth) ditambah akses root penuh. Anda masih berbagi server (gedung) dengan orang lain, tetapi Anda sekarang memiliki kontrol lebih besar atas ruang Anda, menggunakannya sesuai keinginan Anda.

Misalnya, saat Anda memiliki kondominium, Anda dapat memasang pintu baru atau menggantungkan karya seni di dinding tanpa banyak kesulitan. Jika Anda ingin merobohkan tembok atau menambah kamar mandi baru, Anda berhak melakukannya. Tidak seperti kehidupan apartemen (shared hosting), dengan VPS, Anda dapat melakukan perubahan mendasar pada mesin virtual seperti mengubah sistem operasi.

VPS adalah pengaturan yang lebih kuat daripada hosting bersama. Hal yang menarik tentang VPS adalah ia mengemulasi lingkungan hosting khusus tetapi dengan sumber daya sistem yang dialokasikan dibagi antara situs individu. Alternatif berikutnya adalah pilihan yang paling mahal; server khusus tempat semua sumber daya server didedikasikan untuk satu pengguna (memiliki rumah).

Bagaimana cara kerja VPS?


Jika Anda sudah familiar dengan VMware atau Virtualbox, Anda pasti sudah familiar dengan cara kerja VPS hosting. Program ini memungkinkan Anda menjalankan apa yang dikenal sebagai sistem operasi tervirtualisasi dari satu mesin. Misalnya, komputer Anda mungkin menjalankan OS X, tetapi Anda dapat menjalankan sistem yang berbeda seperti Linux atau Windows XP tanpa harus mengkonfigurasi ulang atau memulai ulang komputer Anda.

Lingkungan hosting web VPS bekerja dengan cara yang sama seperti sistem operasi tervirtualisasi dalam artian bahwa satu server akan menjalankan banyak, salah satu jenis OS tervirtualisasi pada satu server -karena setiap sistem tervirtualisasi berperilaku seolah-olah itu adalah server khusus. Virtualisasi dimungkinkan melalui hypervisor. Hypervisor adalah perangkat keras, perangkat lunak, atau firmware komputer yang membuat dan menjalankan mesin virtual (VM) dengan memisahkan perangkat keras fisik yang mendasarinya dari sistem operasi dan aplikasi komputer. Sistem komputer tempat hypervisor dijalankan dikenal sebagai mesin host, dan setiap VM disebut mesin tamu.

Hypervisor menyediakan setiap mesin tamu (setiap situs web yang menggunakan VPS) dengan sistem operasi virtual dan menangani pengelolaan dan pelaksanaan sistem operasi tamu. Proses ini memanfaatkan sumber daya komputer secara efektif seperti bandwidth jaringan, ruang memori, dan siklus prosesor. Untuk alasan ini, hypervisor juga menggunakan nama monitor mesin virtual (VMM).

Hosting VPS mengandalkan hypervisor untuk mengambil sumber daya dari server fisik dan menyediakan akses ke setiap situs web ke server yang diemulasi (VM). Server fisik ini sering disimpan di pusat data dan dibagi rata antara beberapa kompartemen virtual (dikenal sebagai virtualisasi server). Setiap kompartemen disewakan, dan perangkat lunak server diatur pada mereka secara terpisah sehingga setiap unit mampu berfungsi sebagai unit independen. Setiap VPS individu disebut wadah, dan server yang menampung setiap wadah di dalamnya dikenal sebagai node.

Dengan VPS, Anda mendapatkan banyak keuntungan dari server khusus dengan biaya yang jauh lebih rendah. Ini menawarkan lebih banyak hak istimewa dalam OS dan memungkinkan pengguna untuk menginstal semua jenis perangkat lunak yang mampu berjalan di OS itu. Setiap perangkat lunak server virtual dipasang secara terpisah, memungkinkan fungsionalitas independen untuk semua pengguna.

Jumlah waktu dan memori CPU yang ditentukan digunakan bersama di semua akun yang berbagi ruang server. Jadi, terlepas dari kenyataan bahwa mungkin ada situs web yang jauh lebih besar daripada milik Anda di kompartemen VPS lain yang diberdayakan oleh server yang sama, itu tidak masalah. Anda dijamin akan mendapatkan sumber daya sistem yang Anda bayarkan.

VPS merupakan peningkatan bagi sebagian besar pengguna, tetapi Anda juga akan mendapat manfaat dengan mengetahui lebih banyak tentang teknologinya. Saat situs web Anda disimpan di VPS, Anda sepenuhnya bertanggung jawab untuk menyiapkan, memelihara, dan menjalankan server sendiri. Menangani server internet bukanlah tugas yang mudah! Ini melibatkan perawatan patch keamanan, konfigurasi server, pembaruan perangkat lunak, dan sebagainya. Kecuali Anda memiliki tingkat keterampilan teknis yang diperlukan, ini akan menjadi rumit, dan karena alasan ini, ada dua versi hosting VPS – VPS terkelola dan VPS tidak terkelola.

Post A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *