01Mar, 2021
0Comments
featured-image

Dedicated, VPS dan Cloud

Perbandingan perbedaan Dedicated, VPS dan Cloud

Sebelum membahas lebih dalam tentang perbandingan server cloud, mari kita lihat bagaimana masing-masing jenis server beroperasi.

Server khusus (Dedicated Server) menawarkan implementasi yang mendekati metal dengan sedikit overhead, dan secara tradisional mereka adalah solusi yang tepat untuk tugas-tugas yang menuntut kinerja tinggi. Sesuai dengan namanya, setiap server didedikasikan secara pribadi untuk satu klien. Pelanggan menerima akses ke server fisik dengan spesifikasi, pemrosesan, dan penyimpanan perangkat keras yang telah disepakati, semuanya dalam satu unit.

Klien VPS mendapatkan bagian dari server fisik untuk sejumlah sumber daya perangkat keras yang telah mereka bayar, dan beberapa klien sering kali berbagi satu mesin host fisik. Dari perspektif klien, VPS hampir tidak berbeda dari server khusus dengan konfigurasi kelas rendah hingga menengah yang sebanding, tetapi berkat lapisan virtualisasi, penyedia layanan dapat mempertahankan rentang perangkat keras host yang seragam sambil menawarkan beberapa konfigurasi server virtual yang berbeda, yang kemudian , pada gilirannya, diterjemahkan ke dalam pilihan server yang lebih luas dan harga yang lebih rendah dibandingkan dengan server khusus.

Server cloud sering dibingungkan dengan VPS, karena keduanya didasarkan pada virtualisasi dan memiliki banyak keuntungan yang sama. Namun, sebagian besar definisi bergantung pada penyedia host tertentu. Kami di UpCloud telah membawa komputasi awan ke level lain dengan menciptakan lingkungan virtual yang sangat berbeda. Di server khusus dan sebagian besar server pribadi virtual, disk penyimpanan dan daya pemrosesan semuanya ada di satu mesin host fisik, tetapi dengan UpCloud, backend penyimpanan dan node komputasi dijalankan secara terpisah. Hal ini memberikan banyak keuntungan seperti skalabilitas dan redundansi yang mudah melalui otomatisasi dibandingkan platform virtualisasi tradisional sambil tetap menjamin kinerja dan harga yang sangat kompetitif. Singkatnya – ini adalah definisi kami tentang server cloud terkait backend teknis.

Melakukan seleksi

Kebutuhan Anda, tentu saja, akan menentukan paket mana yang paling sesuai untuk Anda, tetapi seperti yang ditunjukkan oleh hasil, server cloud di hampir semua kasus merupakan opsi yang lebih baik. Di bawah ini Anda dapat menemukan tabel dengan poin-poin utama perbandingan kami.

Cloud server comparison Summary
Server ModelMain advantagesBest suited forPricing model
Dedicated serverRaw computing performance
Physically isolated
High load web applicationsMonthly fixed cost
Virtual private serverWide range of preconfigured servers
Cost-effective
Predictable traffic websitesMonthly or hourly
Cloud serverAdvanced automated redundancy
Freely scalable servers
Almost anythingHourly per use

Jika Anda membutuhkan daya komputasi mentah yang konstan, maka server khusus mungkin menjadi diperlukan karena kekuatan sebenarnya bergantung pada biaya tinggi dan perangkat keras berkinerja tinggi. Namun, ketidakfleksibelan dengan server khusus mengharuskan Anda untuk dapat secara akurat memprediksi kebutuhan sumber daya Anda sebelumnya, karena ada kesempatan terbatas atau tidak ada untuk menskalakan server nanti.

Jika kemudian Anda mengembangkan sesuatu dengan skala yang bervariasi, dan Anda suka bereksperimen tanpa pamrih, platform tervirtualisasi mungkin paling cocok untuk Anda. Dari dua lingkungan virtual, server Cloud jelas memiliki tempat yang lebih tinggi dibandingkan dengan VPS di banyak bidang. Pertama, skalabilitas karena backend penyimpanan terpisah dan node komputasi mudah dan tanpa tenaga, dan untuk alasan yang sama, server cloud memberikan keandalan yang lebih baik. Kedua, meskipun VPS dapat bersaing dalam hal harga, server cloud dapat menghemat biaya per jam, karena Anda dapat mengoptimalkan biaya dengan penggunaan Anda setiap saat.

Seandainya kami melakukan analisis ini beberapa tahun yang lalu, perbedaannya akan lebih jelas. Namun, server cloud benar-benar telah berkembang pesat dan dalam hampir semua kasus penggunaan merupakan pilihan yang lebih unggul.

Post A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *